INILAH PERBEDAAN ANTARA KONVEKSI DAN GARMENT YANG PERLU ANDA TAHU

Seperti yang kita ketahui bersama, jika pabrik konveksi selama ini memang dikenal sebagai sebuah pabrik yang memiliki kegiatan utama. Dimana berfungsi untuk memproduksi barang dengan jenis produksi barang tertentu serta cangkupan terbatas. Akan tetapi, faktanya tidak benar sedemikian? untuk produk barang yang telah di produksi oleh pabrik konveksi sebenarnya memang cukup beragam. Nah, sebut saja mulai dari pakaian wanita, pakaian pria, pakaian anak – anak, pakaian aksesoris, pakaian olahraga dll. Faktanya barang hasil produksi konveksi ini nantinya memang akan dipasarkan dalam keadaan siap untuk digunakan. Akan tetapi di sisi lain perusahaan garment ini sekilas memang terlihat sama dengan perusahaan konveksi.

konveksi

3 Perbedaan Antara Konveksi Dan Garment Yang Perlu Anda Ketahui

Perusahaan garment merupakan suatu bisnis dengan proses produksi utama ini membuat kain setengah jadi. Sehingga akan menjadi barang jadi yang siap pakai. Akan tetapi, jika di kupas lebih lanjut ternyata memang terdapat perbedaan cukup siginifikan. Antara perusahaan konveksi dan garment. Untuk perbedaan tersebut memang nampak jelas dari proses produksi. Selain itu skala produksi, alat dan modal usaha. Berikut ini adalah beberapa point penjelasan yang perlu anda tahu sebelum melakukan kerja sama diantaranya:

  1. Alat dan modal usaha

Untuk memulai bisnis konveksi, maka tidak memerlukan modal yang besar. Akan tetapi hanya memiliki dua atau tiga mesin jahit. Dimana sebuah perusahaan konveksi ini pun bisa langsung di buka. Untuk alat – alat yang digunakan di perusahaan konveksi selain mesin jahit. Contohnya alat sablon, mesin potong, setrika, meja setrika, jarum jahit, papan potong, dan meja pengepakan. Untuk bisnis konveksi ini juga bisa dimulai hanya dengan memanfaatkan garansi rumah atau gudang yang tidak terpakai.  Lain halnya dengan perusahaan garment, dimana dibutuhkan mesin – mesin produksi yang harganya memang dapat mencapai puluhan juta. Selain itu sebuah garment yang baru di buka ini pun biasanya langsung membutuhkan banyak pegawai. Sehingga jumlahnya pun bisa mencapai ratusan atau malah ribuan pegawai.

  1. Skala produksi

Dan seperti yang sudah di ketahui bersama.  Entah itu konveksi atau garment mempunyai kegiatan utama. Sehingga membuat barang setengah jadi pun menjadi barang siap untuk digunakan. Untuk sebuah perusahaan konveksi ini menggunakan bahan baku tekstil beragam jenis. Misalnya saja seperti katun, kaos, rayon, polyester, linen, bahan campuran atau sintesis lainnya. Dan untuk perbedaan mendasar dari skala produksi perusahaan konveksi atau garment. Nah, ada pun pada umumnya barang yang di produksi di pabrik konveksi di ukur dari banyaknya pesanan. Jika di bilang skala terbatas, sementara skala produksi garment ini memang tidak di ukur dari banyaknya pesanan. Melainkan didasarkan pada ukuran yang sudah ditentukan.

  1. Proses produksi

Nah, dalam perusahaan garment yang memang di kenal 3 proses dasar produksi.  Dimana proses pemotongan kain sesuai dengan pola pakaian yang memang di kehendaki. Untuk proses menjahit (making) dan proses untuk merapikan (trimming). Untuk proses merapikan itu sendiri pun dapat mencakup pemasangan mata kancing. Selain itu pemberian bordir atau ornamen lainnya. Untuk proses produksi di dalam bisnis garment dilakukan berdasarkan jenis proses. Di bagian ini semua pegawai ini bertugas untuk membuat kerah. Nah, setelah proses selesai berlanjut ke tahap menyambung lengan dengan body baju dll. Sedangkan pada jasa konveksi semua dilakukan secara keseluruhan.

Nah, itulah ulasan terkait perbedaan garment dan konveksi. Semoga bermanfaat serta dapat menjadi referensi anda untuk mendapatkan pakaian yang berkualitas.

Leave a Comment